1. Pada dasarnya program aplikasi dapat di kategorikan kedalam beberapa kategori diantaranya…..
a. Spesial Purpose software c. a & b salah
b. General purpose software d. a & b benar
2. Dalam merancang sebuah antarmuka terdapat beberapa pendekatan, diantaranya….
a. User centered design approach c. a & b salah
b. User Design approach d. a & b benar
3. Suatu pendekatan antar muka yang dalam merancangnya melibatkan user
disebut dengan…..
a. User design Approach c. Design centred user approach
b Design User Approach d User centred design approach
4. Berikut adalah komponen antarmuka pengguna, kecuali…..
a. Model pengguna c. Bahasa perintah
b. Umpan balik d. Penampilan pengguna
5. Kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasikan program itu sendiri adalah pengertian dari….
a. Kemudahan c. Kemampuan
b R d U B lik d. umpan balik
6. Berikut adalah urutan perancangan design interface, kecuali…..
a. Pemeliharaan Ragam dialog
b. Perancangan format pesan
c. Perancangan struktur dialog
d. Pemeliharaan struktur data
7. Pada tahap perancangan design interface manakah pengguna banyak dilibatkan sehingga pengguna mendapatkan umpan balik yg berupa diskusi informal maupun prototype dari dialog yang nantinya akan digunakan…..
a. Pemeliharaan ragam dialog c. Perancangan struktur dats
b. Perancangan Format pesan d. Perancangan struktur data
8. Berikut adalah perancangan tampilan berbasiskan teks, kecuali…..
a. Urutan Penyajian c. Kelonggaran
b. Pengelompokan d. Reverensi
9. Berikut adalah factor yang diperlukan dalam perancangan tampilan berbasiskan grafis, kecuali…..
a. Ilusi pada obyek-obyek c. Urutan visual dan focus pengguna
b. Struktur Internal d. Struktur External
10. Berikut adalah pengelompokan pada tombol keyboard, kecuali…..
a. Tombol Fungsi c. Tombol Alpha numeric
b. Tombol Kontrol d. Tombol Khusus
11. Berikut adalah jenis-jenis keyboard, kecuali…..
a. Qwerty c. Alphabetic
b. Dvorak d. Coorp
12. Papan ketik jenis Qwrety ditemukan oleh…..tahun…..
a. Graham Leedem (1991)
b. Graham Bell (1919)
c. Shoes, Gliddedn & Sule (1887)
d. Scholes, Gliddedn & Soule (1878)
13. Papan ketik jenis Dvorak diciptakan oleh…..
a. August Dvorak &Wildan (1963)
b. Agust Dvorak & Willian (1963)
c. Willian & August Devork (1936)
d. Willian & August Dvorak ( 1936)
14. Perangkat penuding mouse pertama kali dikembangkan oleh…..
a. Douglas Engelbart (1960)
b. ouglas Angelbart (1960)
c. Doug Engelbrat (1996)
d. Doug Engelbart (1960)
15. Mouse yang terdiri dari 2 led dan 2 lensa untuk mendeteksi gerakan adalah jenis mouse…..
a. Mouse mekanis c. Mini Mouse
b. Mouse Elektrik d. Mouse Optic
16. Gerakan kursor yang dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan tuas adalah ciri dari piranti penuding…..
a. Mouse c. Pointing Stick
b. Track ball d. Joystick
17.Piranti pengambil data dalam bentuk sederetan koordinat (x,y) yang menentukan gerakan pena pada media digitasi
dikenal dengan nama…..
a. Touch screen c. Touch Pad
b. Light pen d. Digitizing tablet
18. Alat yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka disebut
dengan…..
a. MICR c. OMR
b. OCR d. Barcode Reader
19. Berikut adalah jenis piranti pengambil gambar terformat, kecuali…..
a. Barcode Reader c. MICR
b OMR d MIRC
20. Berikut adalah jenis piranti pengambil gambar tak terformat, kecuali…..
a. Image Scanner c. Kamera digital
b. Pembaca retina mata d. Glove
21. Berikut adalah jenis adapter atau pengolah tampilan yang digunakan pada computer, kecuali…..
a. MDA c. CGA
b. VGA d. SCGA
22. Dibawah ini adalah jenis tipe layar tampilan , kecuali…..
a. Variable Frequency c. RGB Monitor
b. Composite Color Monitor d. RBT Monitor
23. Di bawah ini adalah beberapa prinsip desain antarmuka, kecuali….
a. Direct manipulation c. User Control
b. Consistency d. Robustank
24.User mendapatkan dampaknya secara langsung, ini merupakan pengertian dari salah satu prinsip desain antarmuka, yaitu…..
a. User Control c. Consistency
b. Aesthetics intergrity d. Direct manipulation
25.Untuk mengembangkan software yang baik, maka butuh memperhatikan beberapa aspek, diantarany kecuali…..
a. Mudah digunakan c. Reliabelity
b. Mobility d. Reality
26.Software yang dibuat harus dapat berjalan pada bermacammacam
system operasi, ini merupakan pengertian dari
prinsip …..
a. Interprobality c. Reliability
b. Reality d. Mobility
27.Berikut adalah model dari aplikasi, kecuali…..
a. Berbasis Dokumen c. Utilitas
b. Berbasis Non dokumen d. Eksistensi
28.Sebuah aplikasi yang yang menghasilkan sebuah file yang bias dibuka dan dirubah kembali merupakan model
aplikasi…..
a. Basis file c. Basisi Editing
b. Basis Utilitas d. Basis dokumen
29. Dibawah ini adala jenis aplikasi basis dokumen. Kecuali…..
a. Microsoft Word c. Microsoft Excel
b. Corel Draw X3 d. Winamp
30.Aplikasi yang sifatnya tidak menghasilkan dokumen yang
bias dibuka dan diubah kembali merupakan model
aplikasi…..
a. Berbasis Dokumen c. Basis Editing
b. Basis Utilitas d. Basis non dokumen
31.Dibawah ini adalah contoh aplikasi berbasis non dokumen,
kecuali…..
a. Microsoft Outlook c. My SQL
b. MYOB d. Photoshop
32. Aplikasi yang sifatnya hanya sebagai penunjang merupakan model aplikasi…..
a. Basis Dokumen c. Basis File
b. Basis non dokumen d. Basis Utilitas
33. Dibawah ini adalah contoh aplikasi basis utilitas, kecuali…..
a. Winamp c. Media Player
b. Avira d. MYOB
34.Dibawah ini adalah sikap ragam dialog, kecuali…..
a. Inisiatif c. Keluwesan
b. Kompleksitas d. Improfisasi
35.Pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan system computer merupakan pengertian diaog menurut…..
a Umum c Khusus
b. Pribadi d. IMK
36. adalah karakteristik ragam dialog, kecuali…..
a. Konsistensi c. Umpan Balik
b. Efisiensi d. Efektifitas
37. Dibawah ini contoh dari perintah dos pada ragam dialog
tunggal, kecuali…..
a. Dir c. Format
b. Delete d. Passwd
38. Dibawah ini adalah jenis-jenis jendela, kecuali…..
a. Jendela TTY c. Non Homogen
b. Space Multiplex Windows d. Jendela Homogen
39. Ketika kursor berada pada suatu baris, maka kursor tidak bias di pindah ke garis sebelumnya diatasnya, merupakan ciri jendela…..
a. Non Homogen c. Space Multiplex window
b Homogen d Jendela TTY
40. Ikon dan zooming merupakan jenis jendela…..
a. Jendela TTY b. Jendela Homogen
c. Space Multiplex window d. Jendela Non Homogen
41. Sistem computer terdiri dari beberapa aspek, kecuali…..
a. Perangkat keras c. Perangkat Lunak
b. Manusia d. Lingkungan
42.Faktor manusia dalam merancang antar muka adalah, kecuali…..
a. Penglihatan c. Pendengaran
b. Sentuhan d. Perasaan
43. Pada factor penglihatan dapat ditentukan oleh beberapa aspek, kecuali…..
a. Luminas c. Kontras
b. Kecerahan d. Ketajaman
44.Nilai kebisingan yang dapat merusak pendengaran seseorang adalah…..
a. 20 db c. 50 – 70 db
b. 60 db d. > 140 db
45.Suara dengan nilai kebisingan 20 db merupakan kategori cara berbicara dengan…..
a. Teriak c. Percakapan
b. Komunikasi d. Bisikan
46.Sebuah hubungan antara manusia dan computer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system yang menggunkan antar muka merupakan definisi dari…..
a. Antar Muka c. Manusia
b. Komputer d. IMK
47.Dibawah ini adalah antarmuka manusia dan computer …..
a. Media Tekstual c. a & b Salah
b. Media GUI d. a & b Benar
48.Sebuah program aplikasi terdiri dari:…..
a. Bagian antar muka c. a & b Salah
b. Bagian Aplikasi d. a & b Benar
49.Berikut adalah Bidang studi penunjang IMK…..
a. Tipografi c. Ergonomik
b. Antropologi d. Astrologi
50.Berikut Berikut adalah piranti bantu menurut fungsinya
a. Piranti bantu aplikasi c. a & b Salah
b. Piranti bantu Sistem d. a & b Benar
0 komentar:
Posting Komentar